Kamis, 19 November 2009

Gubernur Terima Penghargaan Commitment in Developing

Setelah Sabtu (14/11/09) lalu Gubernur NTB, KH. M. Zainul Majdi, MA, menerima penghargaan Indonesia Tourism Award (ITA) untuk kategori Commitment in Developing. Maka tanggal 19 November 2009, Gubernur kembali menerima penghargaan sebagai daerah yang mampu mengembangkan wisata Meeting Incentive Convention Exhibition (MICE) dalam ajang Indonesian MICE Award dari Majalah Veneu dan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI.

“Diberikannya penghargaan itu, karena NTB dinilai berhasil menggelar berbagai meeting untuk skala nasional hingga international, sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan untuk berkunjung ke NTB,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB, Drs. L. Gita Aryadi, M.Si.
Dikatakan Gita, terjadinya krisis global yang melanda dunia belum lama ini diprediksi akan berpengaruh besar terhadap tingkat kunjungan wisatawan. Namun dengan telah dikirimnya surat Gubernur NTB ke beberapa menteri kabinet bersatu untuk meminta agar segala pertemuan atau rapat bisa digelar di NTB, hal itu dinilai cukup berhasil.
“Terbukti, catatan kunjungan wisatawan dari bulan Februari - Maret tahun 2009 bisa meningkat tajam hingga 44,7 persen. Semua itu terjadi, sebagai akibat adanya berbagai even MICE di NTB,”  sebutnya.
Sebelumnya, kawasan Senggigi juga mendapat pernghargaan bergengsi di bidang pariwisata, yakni menjadi obyek wisata terbaik, atau The Best Destination. Dimana penghargaan langsung diterima Bupati Lombok Barat, Dr. H. Zainy Aroni, M.Pd.
Pemberian penghargaan kali pertama yang pernah diselenggarakan dengan skala nasional itu, berdasarkan hasil survei langsung pihak Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dengan majalah SWASEMBADA Jakarta.
“Pemberian penghargaan langsung diserahkan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) RI, Jero Wacik. Dimana penghargaan serupa juga diberikan kepada Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Malang, Kota Surabaya, Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tana Toraja, Manado, Kutai Kertanegara dan Kota Solo,” jelas Gita.
Khusus penilaian untuk kawasan pantai Senggigi, Lombok Barat yang berhasil keluar sebagai the best destination, berdasarkan hasil survei dan penilaian langsung dari para wisatawan. Dimana respon wisatawan yang merasa puas dengan keindahan alam Senggigi, ditambah tingkat rekomendasi para pengunjung setelah berkunjung ke Senggigi ternyata juga cukup besar.
“Pada kesempatan itu, penghargaan lain yang diberikan yakni Most Favorite Tourism Industry, untuk travel diraih Anta Tour, Maskapai Penerbangan diraih Garuda Indonesia, dan lainnya. Sementara penghargaan untuk kategori Destinasi Unik, diraih daerah Wakatobi, Manggarai dan Raja Ampat. Terakhir kategori kreativitas diraih Jember dan Purbalingga,” terang Gita.(sslelono)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar