Selasa, 31 Maret 2009

Konsep Pemasaran Datangkan Wisatawan Domestik

Konsep pemasaran untuk mendatangkan wisatawan domestik ke NTB yang selama ini dilakukan seperti pola table top, road show maupun seminar. Apalagi kalau kegiatannya bersifat formal dan berlangsung di ballroom sebuah hotel, dinilai sangat monoton dan menjemukan.

Akibatnya, konsep pemasaran yang awalnya dirancang untuk memperkenalkan kepariwisataan NTB kepada para wisatawan, sehingga mau berkunjung ke NTB, menjadi tidak tepat sasaran.
Meyiasati permasalahan itu, Director Lombok Paradise tour & travel, N Heri Nurcahyono, mencoba merancang sebuah konsep pemasaran baru yang diharapkan bisa mendatangkan wisatawan ke NTB, yakni “Agent Olimpiade Game”. Artinya, pihaknya mencoba mengajak memasarkan industri pariwisata NTB dengan pola out bond dan team building, yang sifatnya fun, penuh keakraban, serta kebersamaan.
Dengan kedekatan dan pertemanan yang dilakukan selama berlangsungnya kegiatan Agent Olimpiade Game itu jelas Heri, merupakan awal bisnis yang baik. “Melalui cara inilah kita akan mempromosikan wisata NTB, khususnya Lombok sebagai daerah tujuan utama wisatawan domestik,” ucapnya.
Menurutnya, Agent Olimpiade Game yang digelar pihaknya itu sudah kedua kalinya diselenggarakan. Pertama dilaksanakan di Lembang Asri-Bandung, 20 -21 Mei 2007 lalu, dengan melibatkan 150 agent potensial dari Jakarta, Bandung dan sekitarnya. Sementara yang kedua dilakukan di Puncak-Bogor pada 17 – 18 Mei 2008.
Tahun ini, pihaknya juga akan melaksanakan Agent Olimpiade Game ke-III di Anyer-Jakarta, yang rencananya berlangsung 24 – 26 April 2009. “Tetapi karena ada kesibukan masing-masing agent yang di undang, akhirnya rencana tersebut dipending hingga bulan Mei mendatang,” ujar Heri seraya menyatakan, peserta yang mengikuti kegiatan itu semuanya gratis.
Menyelenggarakan kegiatan Agent Olimpiade Game yang pelaksanaannya di luar daerah, kemudian melibatkan ratusan peserta yang tak dipungut biaya, tentu membutuhkan modal yang tak sedikit. Lantas, darimana pihak Lombok Paradise tour & travel mendapatkan anggarannya?
Menjawab itu, Heri menyatakan, semua anggaran ditanggung pihak Lombok Paradise tour & travel sendiri. “Hanya saja, kami mendapat dukungan penuh dari hotel-hotel yang ada di NTB seperti Vila Ombak, Sheraton, Jayakarta, Puri Bunga dan lainnya,” jelasnya.
Bagaimana dengan keterlibatan pemerintah daerah? “Kami hanya memohon restu dan dukungan saja dari pemerintah daerah,” tandas Heri.(sslelono)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar