Jumat, 16 Oktober 2009

Tujuh Buyer Minat Investasi di Lombok Barat

Sebanyak tujuh dari 127 buyer asal 25 negara yang menjadi peserta Pasar Wisata Indonesia, atau Tourism Indonesia Mart & Expo (TIME) 2009 di Santosa Villas & Resort Senggigi, 16 – 19 Oktober 2009 kemarin, telah menyatakan minatnya untuk investasi di daerah Lombok Barat.

Informasi tersebut disampaikan Bupati Lombok Barat, DR H Zaini Arony MPd ketika dijumpai Wartawan di sela acara “Wellcome Dinner” yang digelar bupati untuk menyambut para peserta TIME 2009 di Taman Narmada, Jumat (16/10/2009).
“Ada tujuh buyer (pemodal luar negeri-red) yang sudah menyatakan minat untuk investasi di Lobar, diantaranya adalah buyer dari Australia dan Arab Saudi," kata Zainy.
Guna menindaklanjuti hal itu tutur bupati, pihaknya akan memerintahkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Barat agar segera mengkoordinasikan dengan panitia penyelenggara TIME 2009. “Sejumlah sektor yang menjadi lirikan para buyer TIME 2009 tersebut, yakni pada bidang pariwisata dan pertambangan,” bebernya.
Menurut Zaini, penyelenggaraan TIME 2009 di Lobar yang merupakan kali pertama dilaksanakan di NTB ini, memberikan dampak yang cukup menguntungkan bagi daerah. Terutama dalam hal mencari pemodal luar yang hendak menginvestasikan uangnya ke NTB.
Tak hanya itu, even ini sekaligus sebagai ajang untuk memperkenalkan berbagai produk wisata daerah beserta ikutannya kepada pasar mancanegara, sehingga industri wisata di Lobar bisa dikenal dan menjadi destinasi wisata internasional. Pun sebagai sarana promosi yang efektif dan multi guna.
“Coba bayangkan kalau setiap pemimpin daerah di NTB ini harus keluar negeri untuk mempromosikan daerahnya, berapa uang rakyat yang habis untuk kegiatan itu? Tapi dengan adanya TIME ini, antara penjual (seller) dan pembeli (buyer) bisa langsung bertatap muka untuk transaksi, atau kalau deal (sepakat) bisa langsung melakukan tandatangan MoU (nota kesepakatan-red),” ucap Zaini.
Karenanya, tak salah kalau momen welcome dinner di Taman Narmada tersebut benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh Pemka Lobar. Dimana hampir seluruh jajaran Muspida Lobar mulai dari Bupati/Wakil Bupati Lombok Barat, Sekretaris Daerah Lombok Barat, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kepala Kepolisian Resort Lombok Barat, Komandan Distrik Militer Lombok Barat, para Camat dan lainnya juga hadir dan beramah-tamah dengan peserta TIME 2009.
Para tamu sendiri, dalam kesempatan itu juga disuguhi berbagai makanan khas Lombok, serta dihibur oleh beragam kesenian tradisional yang ada di Lombok Barat. “Sengaja kami menggunakan Taman Narmada untuk acara welcome dinner, agar peserta TIME mendapatkan suasana yang berbeda. Karena pada pelaksanaan TIME tahun-tahun sebelumnya, selalu menggunakan ruangan indoor untuk seluruh rangkaian kegiatannya,” jelas Zaini.
Taman Narmada sendiri, terletak sekitar 10 kilometer arah timur Kota Mataram, merupakan replika dari Gunung Rinjani. Dimana niat awal pembangunan taman yang didirikan oleh Raja Anak Agung Gede Karang Asem (penguasa Pulau Lombok) tahun 1727 Masehi ini, adalah untuk keperluan sang raja dalam hal melakukan ritual agama Hindu “Mulang Pekelem” ke Danau Segara Anak, Gunung Rinjani.
“Karena usianya yang sudah tua, Raja Mataram ini akhirnya memutuskan untuk membangun replika Gunung Rinjani di wilayah Narmada, lengkap dengan kolam air dan bangunan Pura untuk melakukan persembahyangan, sehingga dia tidak harus pergi ke Gunung Rinjani,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Barat, Robijono Prasetijanto.(sslelono)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar